Tips Menggunakan Kata Persuasif untuk Promosi BIsnis
Sep 18, 2024
3 min read
0
1
0
Tips Menggunakan Kata Persuasif untuk Promosi BIsnis
Tahukah Anda apa itu kalimat atau kata persuasif? Kalimat atau kata-kata persuasif adalah sebuah ajakan kepada pembaca untuk memakai, mengikuti bahkan hingga memutuskan untuk membeli produk Anda melalui suatu tulisan. Sangat penting sekali-peran kata persuasif ini apalagi saat ini banyak sekali calon pembeli yang mencari informasi mengenai suatu produk di platform sosial media, sehingga penggunaan kata persuasif di bagian caption ataupun deskripsi produk sangat penting untuk diperhatikan.
Ciri Kata Persuasif Yang Biasa Digunakan Untuk Promosi
Mengandung kata untuk mengajak
Ada banyak kata ajakan atau persuasif misalnya mari, ayo, yuk, lanjutkan, let’t go, segera dan sebagainya. Setiap kata ajakan tersebut ditujukan untuk orang lain yang melihat atau membaca konten tulisan atau audio visual. Kata ajakan tersebut wajib untuk mengajak.
Ada bubuhan tanda seru di bagian belakang
Tanda seru selalu dibubuhkan di bagian belakang kata ajakan dan biasanya tidak disertakan tanda titik. Misalnya, ayo!, segera!, yuk! dan sebagainya. Makna tanda seru selain untuk mengajak juga bisa sebagai perintah halus kepada orang yang dituju.
Disampaikan dengan unik
Cara menyampaikan dengan unik misalnya dengan mengutarakan sambil menarik tangan di konten video, sehingga orang yang melihat akan merasa diajak. Cara unik lainnya bisa dengan maskot promosi Anda, mungkin boneka atau topeng lucu.
Anda sebagai penjual tentu harus pintar memutar ide untuk mengembangkan slogan kata ajakan agar konsumen terus mengingat akan barang yang dipromosikan. Contohnya : “belanja hemat yuk di toko online kita!”
Sangat kuat dengan pemasaran
Sebenarnya kata ajakan tidak selalu 90% dipakai untuk promosi barang tapi juga untuk edukasi ataupun alasan lainnya, misalkan ajakan hidup sehat, ajakan makan ikan dan sebagainya. Namun, mayoritas kata ajakan pasti mengandung kata persuasif yang mengarah ke promosi penjualan.
Bagaimana Tips Menyusun Kata Persuasif Yang Bisa Menarik Pembeli?
Cara menyusun kata-kata persuasif atau kalimat ajakan bisa mulai dengan kata sederhana seperti “ayo”, ”mari”, ”lakukan”, atau ”segera” yang dibubuhkan di bagian akhir atau awal konten. Akan lebih efektif jika Anda bubuhkan kata ajakan di bagian awal agar orang penasaran dengan apa yang diajak.
Namun, lihat juga dengan isi konten yang Anda tulis, jika kata ajakan lebih cocok untuk diletakkan di belakang maka bisa juga dibubuhkan di akhir artikel.
Anda bisa mengikuti tips berikut ini untuk menyusun kata persuasif yang menarik :
Gunakan kata yang memberikan rasa aman
Contohnya menggunakan kata “garansi” yang tentunya dapat memberikan rasa aman dan customer juga diberikan jaminan atas produk atau jasa yang diberikan. Misalnya : “produk kami berkualitas dan bergaransi selama 2 tahun” atau “jika barang rusak saat pengiriman, jangan lupa siapkan video unboxing dan kami akan ganti dengan yang baru”.
Gunakan kata yang memberikan kesan keuntungan produk
Misalnya menggunakan kata “investasi” yang memberikan kesan bahwa dengan membeli produk atau jasa Anda, pembeli dapat sekaligus berinvestasi. Misalnya “investasikan kulit Anda dengan rutin menggunakan produk skincare kami”.
Menyisipkan angka di dalam kalimat persuasif
Angka yang digunakan bisa juga sekaligus memberikan informasi mengenai produk anda secara detail, misalnya “Face wash kami mengandung 7 manfaat terbaik dari kandungan bengkoang untuk bantu mencerahkan dan menyehatkan kulit Anda”. Hal tersebut juga bisa dianggap sebagai kata persuasif karena sekaligus bisa menarik pembeli untuk mencoba produk Anda.
Memberikan kesan eksklusif
Beberapa pembeli senang dengan barang atau produk yang terkesan eksklusif, jadi tidak ada salahnya untuk menyisipkan kata “eksklusif” atau “limited edition” pada saat anda memberikan keterangan produk pada calon pembeli.
Menggunakan kata “gratis” sebagai salah satu bentuk promo
Pembeli manapun pasti senang dengan produk gratis. Kata “gratis” atau “free“ akan sangat mudah menarik calon pembeli untuk melirik produk Anda. Misalnya saja Anda sedang melakukan promosi produk dan selipkan kata gratis, misalnya “beli 1 gratis 1 untuk pembelian produk kami hanya di bulan ini!”.
Menggunakan kata “baru” untuk memperkenalkan produk
Biasanya pembeli akan penasaran dengan produk baru dari suatu brand. Anda bisa juga menggunakan kata “baru” atau “new launching” untuk produk yang anda jual. Hal ini bisa juga anda lakukan untuk promosi produk baru sebagai versi upgrade dari produk lama dari brand Anda.
Dengan kehadiran kata-kata persuasif atau kalimat persuasif membuat barang yang Anda tawarkan memiliki identitas tersendiri. Jangan lupa mulai sekarang selipkan kalimat ajakan terbaik untuk branding produk Anda mulai sekarang ya!
Jika Anda membutuhkan partner bisnis untuk bantu promosikan bisnis Anda, silakan bergabung bersama INFINA yang merupakan platform untuk mencari paid promote dan endorsement dengan harga terjangkau yang bisa bantu mempromosikan bisnis Anda.