top of page

Perbedaan Selebgram, Paid Promote, Endorse & Influencer

Sep 18, 2024

4 min read

0

35

0

Perbedaan Selebgram, Paid Promote, Endorse & Influencer


Banyak pebisnis online yang jual produk mereka dengan berbagai macam cara. Memakai selebgram, paid promote, endorse para tokoh terkenal dan jasa influencer. Cara-cara promosi bisnis tersebut cukup dikenal dan digunakan oleh para pelaku bisnis online maupun pengguna-pengguna media sosial. Namun, masih cukup banyak orang yang belum terlalu mengenal mengenai istilah-istilah tersebut, sehingga tak jarang ada yang kesulitan dalam membedakannya.


Maka dari itu, di sini akan membahas secara singkat tentang pengertian dan perbedaan dari istilah-istilah tersebut, sehingga Anda dapat membedakannya. Simak penjelasannya sebagai berikut


Paid Promote, Endorse, Selebgram, Influencer, Apakah Itu dan Apa Perbedaannya?


Paid Promote


Istilah promosi yang kerap dipakai oleh para pebisnis online, yaitu paid promote. Kata paid memiliki arti bayar, sementara kata promote artinya adalah promosi. Jadi dapat dikatakan, paid promote merupakan layanan jasa promosi yang berbayar. 


Layanan satu ini diberikan oleh sekelompok orang ataupun seseorang yang memiliki basis dalam membuat sebuah layanan promosi pada suatu media sosial dengan nilai kontrak yang tertentu dan sesuai kesepakatan. Layanan ini berkaitan dengan Instagram serta selebgram. 


Penyedia jasa paid promote umumnya adalah akun-akun Instagram yang followers atau pengikutnya banyak, seperti pemilik dari blogger, publik figure, selebgram, maupun youtuber. Penggunaan dari jasa paid promote haruslah mempertimbangkan pemilihan akun Instagram. Akun Instagram yang dipilih haruslah terpercaya dan punya pengikut yang asli. 


Selain itu, pemilihan akun Instagram pun harus memperhatikan konten. Misalnya saja, produk yang dipromosikan lewat paid promote haruslah sesuai. Konten produk untuk orang tua, tentunya tak akan sesuai dengan konten produk yang berkaitan dengan milenial. 


Selebgram


Apabila Anda seorang pelaku bisnis online lewat Instagram, pastinya cukup kenal dan familiar dengan istilah selebgram. Media sosial Instagram mempunyai kekuatan besar di dalam menarik konsumen-konsumen untuk bertransaksi. Apalagi memakai jasa selebgram untuk mempromosikan produk pada media sosial memiliki dampak yang bagus di dalam penjualan. 


Selebgram terdiri dari dua kata, yakni selebriti serta Instragram. Seorang terkenal di Instagram umumnya punya follower atau pengikut. Beberapa selebgram terkenal dan mempunyai jutaan pengikut Instagram di Indonesia seperti Ria Ricis, Anya Geraldine, atau Awkarin. 


Para selebgram tersebut mampu untuk dapatkan penghasilan mencapai ratusan juta rupiah tiap bulannya dari menjadi selebgram. Pastinya dengan memakai jasa mereka, pebisnis online pun dapat rasakan hasil penjualan meningkat signifikan. 


Endorse


Selain memakai paid promote dan jasa selebgram untuk promosi produk, endorse merupakan istilah lainnya yang kerap didengar dan cukup dikenal di kalangan pelaku bisnis online. Endorse asalnya dari kata Bahasa Inggris, yakni endorsement yang artinya tindakan berikan dukungan pada suatu hal. 

Pengertian dari endorse sudah alami perkembangan lebih luas dan memiliki kaitan dengan media sosial. Endorse adalah promosi yang bentuknya ulasan positif tentang produk, layanan atau jasa, yang diberikan public figure pada Instagram yang dimiliki. 


Ketika melakukan endorse, Anda bisa memilih selebgram atau influencer yang cocok dengan produk yang akan Anda promosikan. Misalnya saja, produk berupa makanan, maka pakailah influencer yang juga menjadi food blogger. 


Influencer


Istilah ini juga tak kalah populer dari sejumlah istilah di atas. Influencer asalnya dari kata Bahasa Inggris, influence yang mempunyai arti memengaruhi. Jadi, definisi dari influencer adalah seseorang yang mempunyai kemampuan di dalam berikan pengaruh yang positif ke publik. 


Istilah influencer di Indonesia pun dipakai pada youtuber maupun selebgram. Biasanya mereka mempunyai kekuatan sehingga bisa berikan pengaruh pada orang yang banyak. Para influencer beragam serta asalnya dari berbagai macam bidang, misal kecantikan, teknologi, kesehatan, sampai pendidikan. 


Influencer dapat berasal dari media-media sosial, seperti Twitter, Instagram, Youtube, dan lain sebagainya. Influencer bukan sekedar menyampaikan informasi saja, tapi utamanya mampu memberikan pengaruh pada pengikutnya melalui berbagai bentuk interaksi. Influencer haruslah paham cara untuk promosikan suatu produk, jasa, atau layanan serta menggiring opini publik untuk memakai serta membeli produk atau jasa yang dipromosikan. 


Manfaat dari Memakai Influencer untuk Bisnis


  1. Tingkatkan Penjualan


Apabila produk Anda telah diketahui oleh orang banyak, maka penjualannya pun akan kian meningkat. Apalagi jika produk itu dipakai oleh selebriti pada acara yang mengundang media-media. penjualan produk dapat meningkat secara signifikan hanya dalam waktu yang singkat. 


  1. Bangun Hubungan yang Dekat dengan Konsumen


Dengan memakai influencer, maka Anda punya hubungan dengan konsumen yang lebih dekat. Satu hal yang perlu diingat, yakni Anda harus pilih influencer yang tepat serta sesuai target pasar dari produk yang dipromosikan. Salah satu cara bangun kedekatan dengan konsumen yaitu dengan memakai influencer yang memang suka dengan produk yang dijual oleh Anda. 


Memakai influencer yang premium tidak menjadi jaminan jika pemasaran Anda akan sukses dikarenakan influencer tersebut mungkin memakai pengikut atau follower palsu. Sebaliknya, memakai influencer mikro mungkin cukup menguntungkan karena biasanya memakai produk dahulu sebelum merekomendasikan produk tersebut pada para pengikutnya.  Jika ada hubungan yang dekat, maka pengikut dapat melakukan interaksi dengan influencer serta membahas mengenai produk atau jasa yang ditawarkan. 


  1. Konsumen Menjadi Lebih Percaya


Apabila Anda promosikan produk dengan marketing atau pemasaran konvensional, maka Anda membutuhkan cukup lama waktu untuk dapat yakinkan calon konsumen. Namun, saat Anda memakai publik figur, maka kepercayaan dari konsumen akan secara langsung terbentuk. Itu karena mereka memiliki keahlian serta pengalaman pada bidang yang tertentu. Apabila mereka memakai produk Anda, maka pengikutnya akan lebih percaya pada produk atau jasa yang Anda tawarkan. 


Itulah perbedaan dari paid promote, endorse, selebgram, dan influencer. Jika Anda saat ini tengah menjalankan bisnis online dan ingin menggunakan jasa influencer, selebgram, dan lain-lainnya yang tepat untuk produk atau jasa Anda, Infina direkomendasikan untuk Anda. Infina merupakan platform untuk cari jasa endorsement, paid promote, sampai micro influence yang terpercaya dan terbaik.


Baca Juga :

Mengenal Beberapa Tipe Influencer

Apa Itu Paid Promote

Tips Dapat Uang Jajan Tambahan di Internet

Sep 18, 2024

4 min read

0

35

0

Comments

Share Your ThoughtsBe the first to write a comment.
bottom of page