Bergabung bersama kami dan maju bersama INFINA!

apps
arrow_forward
© 2020 by Infina. All Right Reserved

Istilah Promosi dengan Influencer Marketing

2020-10-18T10:48:19

Banyak pelaku bisnis online belakangan ini menjual produknya melalui berbagai cara. Salah satunya adalah menggunakan jasa selebgram, paid promote, endorse tokoh-tokoh terkenal, atau yang lagi trend sekarang adalah jasa influencer.


Nah, semua cara promosi bisnis online itu ternyata cukup dikenal baik oleh para pebisnis online atau pun para pengguna media sosial. Tapi sayangnya, banyak orang yang belum mengenal istilah-istilah tersebut. Apa sebenarnya pengertian selebgram, paid promote, endorse, atau influencer?

 

Selebgram

Jika kamu pelaku usaha bisnis online yang memakai platform media sosial seperti Instagram, pasti familiar dengan istilah selebgram. Media sosial ini punya kekuatan yang luar biasa untuk menarik para konsumen bertransaksi.

Nyatanya menggunakan jasa selebgram untuk melakukan sebuah promosi produk di media sosial memang berdampak bagus dalam penjualan, khususnya untuk bisnis jual-beli online.

Selebgram sendiri adalah istilah gabungan dari kata selebriti dan Instagram. Seseorang yang terkenal di media sosial (dalam hal ini pakai platform Instagram) biasanya memiliki pengikut (yang disebut follower).

Di Indonesia ada banyak nama selebgram terkenal di antaranya ada Awkarin, Rachel Vennya, Ria Ricis, hingga Atta Halilintar atau pun keluarga Asix.

Mereka memiliki jutaan bahkan belasan juta pengikut di Instagram. Para selebgram itu bisa dibilang mampu mendapatkan penghasilan ratusan juta rupiah per bulan dari hanya bekerja sebagai selebgram.

Tentunya dengan menggunakan jasa mereka ini, pelaku usaha bisnis online juga akan merasakan hasil penjualan yang meningkat dan malah produk atau jasanya bisa ikutan naik pamor.

Paid Promote
Nah, Istilah lain yang sering digunakan para pelaku bisnis online adalah paid promote. Kata paid berarti bayar, sedangkan kata promote di sini berarti promosi. Jadi, paid promote secara literal dapat didefinisikan sebagai layanan jasa promosi yang berbayar.
 

Layanan ini biasanya diberikan oleh seseorang atau pun sekelompok orang yang memiliki basis dalam membuat suatu layanan promosi di medium media sosial dengan nilai kontrak tertentu (yang tentunya sesuai dengan kesepakatan). Layanan ini biasanya erat berhubungan dengan media sosial platform Instagram dan profesi Selebgram.

Penyedia layanan jasa paid promote pada umumnya merupakan akun-akun Instagram yang mempunyai pengikut banyak, seperti akun milik publik figur, blogger, selebgram, atau pun Youtuber.

Penggunaan jasa paid promote sendiri harus mempertimbangkan pemilihan akun juga. Akun tersebut harus tepercaya dan memiliki pengikut yang memang benar-benar asli (bukan pengikut palsu yang dibeli lewat jalur ilegal).
Pemilihan akun pun harus memperhatikan konten. Misalnya, produk yang akan dipromosikan melalui paid promote harus sesuai dengan karakter yang memang ingin ditampilkan. Konten milenial tidak akan sesuai dengan konten produk yang berhubungan dengan produk yang memang ditujukan untuk orang lebih tua atau bukan target pasarnya.

 

Endorse

Selain menggunakan jasa selebgram dan paid promote untuk promosi, istilah lain yang cukup dikenal di kalangan pebisnis online adalah endorse. Istilah Endorse berasal dari kata Bahasa Inggris yaitu endorsement yang berarti tindakan memberikan dukungan terhadap suatu hal.

Definisi endorse ini telah mengalami perkembangan yang lebih luas dan berhubungan dengan media sosial. Endorse adalah promosi berbentuk ulasan positif mengenai suatu produk, jasa, atau layanan, yang diberikan oleh publik figur di akun Instagram miliknya.

Saat melakukan endorse inilah pilihan terhadap seorang influencer atau selebgram yang cocok atau sesuai dengan produk atau jasa menjadi penting sekali, hal ini terkait erat misalnya, kalau kita mau promosi produk sepatu maka perlu selebgram yang memang passion-nya di dunia fashion.

Influencer
Last but not least, ada istilah terakhir yang tidak kalah populernya dengan istilah-istilah lain yang sudah diuraikan di atas yaitu influencer. Influencer merupakan istilah yang berasal dari kata Bahasa Inggris, influence berarti memengaruhi. Jadi, influencer bisa merujuk pada seseorang yang memiliki kemampuan memberikan pengaruh positif terhadap publik (dalam hal ini pengikutnya atau memang orang yang mengidolakan tokoh tertentu).
 

Di Indonesia istilah influencer biasanya digunakan kepada seorang Youtuber ataupun selebgram. Mereka memiliki kekuatan sehingga dapat memberikan pengaruh terhadap orang banyak. Apa yang mereka opinikan biasanya ditelan mentah-mentah oleh para pengikutnya.

Para influencer ini datang beragam dan berasal dari berbagai bidang yang sedang trendy mulai dari bidang teknologi, kecantikan, kesehatan, hingga pendidikan bahkan dunia fashion.

Influencer sendiri bisa datang dari berbagai media sosial, seperti Instagram, Twitter, Youtube, dan sebagainya. Seorang influencer tidak hanya menyampaikan informasi, tetapi juga ikut memengaruhi pengikutnya dengan beragam bentuk interaksi.

Menariknya lagi, seorang influencer  juga harus paham cara mempromosikan suatu layanan, jasa, atau produk dan menggiring opini publik dalam menggunakan hingga akhirnya ikut membeli produk yang dipromosikan.


Nah, sekarang sudah nggak bingung lagi kan dengan istilah-istilah marketing online yang wara-wiri di dunia internet? Dengan memaksimalkan bisnis kamu secara online maka bisnis kamu pun akan berkembang pesat dibandingkan pakai cara klasik. Sudah berani? Yuk gabung bareng INFINA aja!

*Tulisan ini telah dire-write dari berbagai sumber, salah  satunya dari sabdigitalagency dan telah disesuaikan dengan pasar INFINA.

Berita Lainnya
MINFINA ENDORSE, PAKET ENDORSE TERBARU INFINA 2021-04-10T12:54:44
RABANA, PROGRAM BARU INFINA UNTUK BANTU PROMOSIKAN USAHAMU 2021-04-10T12:19:57
Perangi Disinformasi dan Misinformasi, Konsorsium Tular Nalar Dorong Masyarakat Berpikir Kritis dengan Luncurkan situs tularnalar.id 2021-04-08T09:09:16
Pricelist MINFINA 2021-01-01T15:16:55
Mengenal Minfina dan Starter Pack UKM 2020-10-29T13:59:46
Pentingnya Influencer marketing Buat Bisnismu 2020-10-28T20:00:56
Kenalan Sama VRIFEST INFINA Yuk! 2020-10-27T20:00:45
DAPATKAN PAID PROMOTE GRATIS DARI INFINA! - UKMINFINAChallenge 2020-10-26T10:47:23
Panduan Menggunakan Influencer Marketing/Paid Promote 2020-10-25T10:47:33
Serunya Oktober Fest Bareng INFINA! 2020-10-24T10:47:41
Bikin Konten Bagus Saja Nggak Cukup! 2020-10-23T10:47:48
Mengenal Beberapa Tipe Influencer 2020-10-22T10:47:55
Bincang Nahkoda: Mengapa Infina? mengapa Influencer dan UKM? 2020-10-21T10:48:03
Bagaimana Bisnis Bisa Bertahan Di Masa Pandemi? 2020-10-20T10:48:08
Pemerintah Luncurkan UKM Go Online 2020-10-19T10:48:14
Istilah Promosi dengan Influencer Marketing 2020-10-18T10:48:19
Sehatkah struktur UMKM Indonesia 2020-10-17T10:48:24
DAPAT UANG JAJAN TAMBAHAN DARI INTERNET? KENAPA TIDAK? 2020-10-16T10:48:30
INFINA VRIFEST - INFINA VIRTUAL REALITY FESTIVAL 2020-10-15T10:48:36
DIGITAL TALENT SCHOLARSHIP 2020-10-14T10:48:42
Cerita Tentang UKM Indonesia 2020-10-13T10:48:47
Apa Saja Kriteria Usaha Kecil Menengah? 2020-10-12T10:48:52
Apa Saja Bidang Usaha UMKM? 2020-10-11T10:48:58
Bangkit Bersama INFINA, Untuk UKM Indonesia Berjaya Di Rumah Sendiri 2020-10-10T10:49:03
Ingin Jadi Influencer Sukses? Kenali Dulu Influencer Marketing dan Ikuti Tipsnya 2020-10-09T10:49:09
Jasa paid promote, endorsement, influencer murah

INFINA – Platform Pemasaran UKM satu pintu, bersama Influencer yang melakukan paid promote dengan harga terjangkau dan layanan lainnya

Paid promote – Adalah kegiatan pemasaran menggunakan influencer untuk memperkenalkan produk UKM. Paid promote di Infine murah dan terjangkau

Endorsement adalah kegiatan pemasaran melibatkan influencer yang akan mengulas sebuah produk dan jasa dengan harga terjangkau.

Jualan Online jadi lebih dikenal dan mudah untuk meyakinkan pembeli, Paid promote dengan harga terjangkau hanya di Infina