Bergabung bersama kami dan maju bersama INFINA!

apps
arrow_forward
© 2020 by Infina. All Right Reserved

Cerita Tentang UKM Indonesia

Sebagai orang Indonesia aktivitas masyarakat sehari-hari tentu tidak terlepas dari berbagai layanan dan barang hasil kreasi pelaku UKM. Biasanya dimulai saat aktivitas pagi ketika sarapan dan masyarakat umumnya mencari aneka jajanan kue ringan atau pun bubur atau nasi kuning yang mengenyangkan.

Selain itu termasuk membeli kebutuhan pokok di warung dekat rumah, sampai menitipkan anak di playgroup terdekat juga termasuk dalam jaringan UKM.

Seiring perjalanan waktu, saat ini banyak pelaku UKM yang tidak memiliki toko dan hanya memasarkan produknya secara online, juga umumnya belum memiliki perizinan usaha.

Pelaku usaha dengan karakteristik seperti itu dapat kita temukan dengan mudah di sekitar kita, baik itu saudara, tetangga, teman atau bahkan kita sendiri sebagai pelakunya.

Usaha Kecil Menengah (UKM) kalau ditilik dari namanya memang seperti kecil tapi memiliki kontribusi yang sangat besar dan krusial bagi perekonomian Indonesia secara makro.

Kementerian Koperasi dan UKM RI baru-baru ini melaporkan bahwa secara jumlah unit UKM dan UMKM punya pangsa sekitar 99,99% (atau setara dengan 62.9 juta unit) dari total keseluruhan pelaku usaha di Indonesia (data tahun 2017).

Menariknya data ini juga memperlihatkan bahwa usaha besar hanya ada 0,01% atau sekitar 5400 unit. Usaha Mikro sendiri menyerap sekitar 107,2 juta tenaga kerja (89,2%), Usaha Kecil

5,7 juta (4,74%), dan Usaha Menengah 3,73 juta (3,11%); sementara Usaha Besar menyerap sekitar 3,58 juta jiwa.

Artinya bila digabungan UMKM menyerap sekitar 97% tenaga kerja nasional, sementara Usaha Besar hanya menyerap sekitar 3% dari total.

Nah, usaha yang dapat dikategorikan ke dalam Usaha Mikro sendiri apabila memiliki aset maksimal sekitar Rp 50 juta dan omzet maksimal sebesar Rp 300 juta per tahun atau sekitar Rp1.000.000 per hari (ini bila asumsi beroperasional aktif selama 300 hari per tahun); sementara batas atas omzet untuk Usaha Kecil adalah sekitar Rp8,3 juta per hari; dan batas atas omzet Usaha Menengah adalah sekitar Rp167 juta per hari

Jasa paid promote, endorsement, influencer murah

INFINA – Platform Pemasaran UKM satu pintu, bersama Influencer yang melakukan paid promote dengan harga terjangkau dan layanan lainnya

Paid promote – Adalah kegiatan pemasaran menggunakan influencer untuk memperkenalkan produk UKM. Paid promote di Infine murah dan terjangkau

Endorsement adalah kegiatan pemasaran melibatkan influencer yang akan mengulas sebuah produk dan jasa dengan harga terjangkau.

Jualan Online jadi lebih dikenal dan mudah untuk meyakinkan pembeli, Paid promote dengan harga terjangkau hanya di Infina