top of page

Apa itu Paid Promote?

Sep 2, 2024

3 min read

0

24

0



Apa Itu Paid Promote : Pengertian, Manfaat, Dan Tipsnya


Paid promote atau promosi berbayar tentunya tidak asing lagi bagi Anda yang terjun di dunia bisnis karena berkaitan dengan cara untuk mempromosikan produk secara online. Saat ini salah satu paid promote yang banyak digunakan adalah paid promote instagram. Banyak keuntungan dan manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan strategi paid promote tersebut. Namun, wajib untuk Anda mengetahui pengertian, manfaat, serta tips persiapannya agar bisnis Anda dapat berjalan dengan baik.



Pengertian Paid Promote

Secara umum, paid promote merupakan bagian dari promosi suatu produk yang dilakukan secara online, yaitu dengan bekerja sama dengan akun-akun di media sosial yang memiliki jumlah followers dan engagement rate yang besar untuk kebutuhan mempromosikan produk bisnis Anda. Biasanya akun yang menyediakan jasa paid promote ini adalah selebgram atau influencer di media sosial. Sedangkan yang menggunakan paid promote ini biasanya pemilik brand atau bisnis yang ingin melakukan brand awareness ataupun promosi bisnis.


Jika Anda menggunakan layanan paid promote, Anda sebagai pemilik bisnis harus sudah menyiapkan materi konten dan caption yang menarik, sehingga para infuencer atau publik figur tinggal mengikuti arahan sesuai dengan yang Anda berikan. Untuk kontennya sendiri Anda bisa menggunakan foto atau video, tapi pastikan jika konten promosi yang Anda buat tepat sasaran.



Manfaat Yang Di Dapatkan Melalui Paid Promote Bagi Bisnis


  1. Menjangkau Banyak Audience 

Dengan menggunakan paid promote tentunya dapat dengan mudah menjangkau banyak audience terutama di era digital saat ini di mana setiap orang hampir selalu membuat media sosial. Sehingga bisnis Anda berpeluang untuk dapat menarik perhatian banyak orang dan bisa menjangkau semua audience. 


  1. Meningkatkan Brand Awareness

Melakukan promosi melalui iklan di media sosial merupakan salah satu cara yang efektif dan hemat sehingga Anda dapat menciptakan sebuah branding yang kuat. Mempromosikan produk melalui pihak ketiga tentu berharap agar bisnis yang sedang dijalankan dapat menaikkan followers dan banyak yang tertarik dengan produk bisnis Anda.


  1. Audience Lebih Tepat Sasaran

Jika menggunakan jasa promosi dengan paid promote, untuk materi konten yang dibuat harus  tepat sasaran dengan audience. Pastikan audience tertarik dengan caption atau konten yang dibuat sehingga dapat meningkatkan engagement.


  1. Menguatkan Jangkauan

Penggunaan media sosial bukan hanya sebagai ajang pamer kehidupan sehari-hari atau tempat mencari hiburan saja, tapi secara praktis brand dari suatu produk jika mendapatkan jangkauan yang lebih luas melalui media sosial tentu akan membuat ikatan yang lebih erat dengan audiens. Maka, beriklan melalui media sosial memiliki banyak pengaruh dan manfaat yang bisa Anda dapatkan.



Tips Menjalankan Paid Promote  


Sebelum Anda melakukan promosi bisnis menggunakan paid promote, ada beberapa persiapan yang wajib diperhatikan, yaitu :



  1. Menentukan Platform Social Media yang Sesuai 

Saat ini beberapa chanel atau platform yang banyak digunakan sebagai media paid promote adalah Instagram, Youtube dan TikTok. Setiap chanel memiliki target dan interest-nya masing-masing. Dengan memilih platform yang tepat, tentunya akan membuat promosi jadi lebih tepat sasaran. 


  1. Mengetahui Target Audience

Hal ini sangat penting karena dapat mempengaruhi keputusan anda dalam memilih talent nantinya. Tentukan target audience yang relevan dengan produk bisnis Anda. Misalnya jika anda menjual produk yang target marketnya anak muda, maka pilih platform Tiktok atau Instagram dan temukan talent berusia muda agar promosinya bisa lebih tepat sasaran.


  1. Pastikan Talent Sesuai Dengan Target Audience

Melanjutkan point sebelumnya, setelah anda menentukan target audience, saatnya Anda mencari talent dengan profil yang tepat dengan target audience bisnis Anda. Dengan begitu, promosi bisnis akan lebih tepat sasaran dan juga target penjualan lebih mudah dicapai.



  1. Memperhatikan Profil dan Engagement Rate Talent

Pastikan talent yang nantinya akan diajak bekerjasama memiliki profil yang baik serta angka follower dengan jumlah yang besar. Semakin besar followernya tentu interaksinya juga makin besar dan diharapkan memiliki engagement rate yang lebih besar juga. Namun perlu dipastikan bahwa follower talent ini adalah follower asli, bukan bot.



  1. Pastikan Rate Card Talent Sesuai dengan Budget Bisnis

Setiap talent pasti memiliki rate card yang berbeda-beda. Anda bisa saja melakukan negosiasi dengan talent mengenai harga paid promote. Untuk bisnis UMKM disarankan mencari talent dengan kategori micro influencer (talent dengan follower puluhan ribu) agar rate card yang ditawarkan tidak terlalu mahal namun tetap dapat memberikan engagement rate yang besar bagi bisnis.


Sebagai seorang pelaku bisnis tentu promosi menjadi bagian yang tidak akan dilupakan untuk dapat mencapai target penjualan, apalagi masa sekarang ini perkembangan teknologi sedang mengalami kemajuan yang pesat, sehingga Anda dapat dengan mudah memanfaatkannya untuk bisa mengembangkan bisnis Anda. 


Jika Anda ingin mendapatkan harga paid promote yang murah dan hemat untuk bisnis UMKM, bisa langsung cek ke infina.id yang merupakan platform untuk mencari influencer dan paid promote murah.


Itulah sedikit informasi mengenai paid promote dan manfaat yang dapat mempengaruhi meningkatnya penjualan Anda dalam waktu ke waktu. Dengan menggunakan strategi promosi yang tepat, pastinya akan bisa mendapatkan kenaikan penjualan.



 



Sep 2, 2024

3 min read

0

24

0

Comments

Share Your ThoughtsBe the first to write a comment.
bottom of page